3 Cara Jitu Mengurangi Stress

Pekerjaan yang menumpuk serta deadline, mampu membuat siapapun merasa stres. Hasilnya, suasana hati mudah berubah dan emosi menjadi tidak stabil.
Bukan hanya pekerjaan, kegiatan yang terlihat sepele pun bisa menyebabkan stres. Terutama bagi mereka yang mulai menginjak usia pertengahan. 

Sebuah penelitian di Finlandia yang mengamati hampir 3.000 orang usia 44 hingga 58 tahun pun mengungkap, bahwa aktivitas sehari-hari seperti berpakaian, mandi dan menyiapkan sarapan dapat membuat mereka merasa stres.
Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda melakukan kegiatan yang dapat meredakan kadar stres, seperti dilansirPrevention berikut ini. 

Melihat sesuatu berwarna biru
"Kami memiliki dua jenis respons terhadap warna, salah satunya adalah masalah biologis," ujar Direktur Eksekutif The Color Association, Leslie Harrington, 

Penelitian menunjukkan bahwa warna biru dapat memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah dan menenangkan hati. Jadi, alihkan pandangan Anda pada sesuatu berwarna biru saat stres. Atau gunakan warna biru sebagai latar belakang biru pada komputer Anda. 

Berpelukan
Menghabiskan waktu dengan orang yang disayangi sudah pasti dapat meningkatkan suasana hati Anda. Tapi sebuah penelitian mengungkap bahwa suasana hati akan menjadi jauh lebih baik jika kita memeluk orang yang disayangi.
Penelitian itu juga mengatakan bahwa orang yang mengerjakan soal matematika ditemani dengan hewan peliharaan, memiliki skor yang lebih tinggi dibanding mereka yang hanya berkumpul dengan teman-teman.

Tersenyum
Penelitian dalam Psychological Science menunjukkan bahwa memanipulasi ekspresi wajah ke rona bahagia dapat menurunkan detak jantung selama masa stres. Bahkan, ketika Anda harus menggunakan pensil agar bibir bisa tersenyum, cara itu terbukti berhasil. Sebab, dengan memaksa gerak alis dan memperlebar bibir, otak akan menerima isyarat untuk relaks.

Comments

Popular posts from this blog

AndroGET Pro, IDMnya Android

Ini Nih Bahayanya Membaca dan Bermain HP di Ruangan Gelap

'Bagaimana' Dulu, Baru 'Apa'