Makanan Ini Masih Bisa Dikonsumsi Meski Sudah Kadaluarsa

Saat membeli produk makanan, tanggal kadaluarsa menjadi salah satu hal yang wajib diperhatikan. Jangan sampai, produk makanan yang Anda beli sudah melewati batas kadaluarsa dan mengandung banyak bakteri berbahaya, hingga mengganggu kesehatan. 
Tapi sebenarnya, tanggal kadaluarsa yang tertera pada produk makanan, tak selalu berarti menjadi batas waktu konsumsi. Sebab, menurut Doug Rauch, mantan presiden supermarket Trader Joe, pihak penjual kerap mengubah tanggal kadaluarsa pada beberapa produk makanan yang mereka jual. 
Karena itu, meneliti makanan sebelum membelinya jauh lebih penting. Ahli gizi kesehatan pria, Alan Aragon, MS mengatakan bahwa terkadang makanan tetap bisa dikonsumsi, meski sudah tidak terlihat baik. Yang terpenting adalah, memeriksa kadar air yang terdapat dalam makanan tersebut. 
Jika kadar airnya tinggi, maka ada kemungkinan makanan tersebut sudah tidak dapat dikonsumsi. 
Dilansir Fox News, Aragon menguraikan enam jenis makanan dan berapa lama Anda bisa mengonsumsinya bahkan setelah melewati batas kadaluarsa. 
Makanan kaleng
Makanan kaleng biasanya memiliki batas kadaluarsa sekitar 1 hingga 4 tahun. Tapi, jika makanan disimpan dalam tempat yang sejuk dan gelap, selama kaleng tidak rusak dan tetap berada dalam kondisi baik, maka Anda masih bisa menyimpan makanan kaleng tersebut hingga dua kali lipat umur kadaluarsanya, mulai dari 3 hingga 6 tahun. 
Makanan beku
Umur dari makanan beku tidak jauh berbeda dengan makanan kaleng. Hanya saja, jangan lakukan hal yang sama dengan produk daging. 
Telur
Barometer untuk mengetahui apakah telur masih dapat dikonsumsi atau tidak adalah, memasukkannya dalam mangkuk berisi air. Jika ia mengapung, jumlah bakteri dalam telur terlalu tinggi dan tidak aman untuk dikonsumsi. Bakteri menghasilkan gas dalam jumlah tinggi, sehingga menyebabkan telur mengapung.
Pasta
Pastikan menyimpan pasta di tempat yang kering. Dan selama tidak tercium bau aneh pada pasta, Anda bisa menyimpan pasta lebih lama dari tanggal kadaluarsanya. 
Roti
Roti merupakan salah satu produk makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa paling cepat. Tapi, Anda bisa tetap mengonsumsi roti meski telah melewati tanggal kadaluarsa, jika menyimpannya dalam lemari es ataufreezer. Selama tidak timbul warna aneh, roti masih bisa dimakan.
Buah-buahan dan sayuran segar
Memastikan buah dan sayur tetap baik untuk dikonsumsi adalah dengan melihat, mencium dan mencoba buah dan sayur tersebut. Simpan dalam lemari pendingin untuk membuat buah dan sayuran lebih tahan lama.

Sumber: http://m.life.viva.co.id/news/read/489284-makanan-ini-masih-bisa-dikonsumsi-meski-kadaluarsa

Comments

Popular posts from this blog

AndroGET Pro, IDMnya Android

Ini Nih Bahayanya Membaca dan Bermain HP di Ruangan Gelap

'Bagaimana' Dulu, Baru 'Apa'